Pages

Sunday, October 19, 2014

Gejala Pneumonia atau Paru Paru Basah

Gejala paru paru basah atau pneumonia yang harus Anda ketahui

Dewasa ini paru paru basah atau pneumonia atau radang paru paru merupakan salah satu penyakit yang sangat umum terjadi. Bahkan masih menjadi nomor satu penyebab kematian pada anak-anak di seluruh dunia, yang mempengaruhi sekitar 1,1 juta anak-anak di bawah usia 5 tahun setiap tahunnya.

Paru paru basah adalah kondisi medis dimana terjadinya gangguan sistem pernapasan dalam hal ini paru-paru terinfeksi dengan bakteri atau virus. Pneumonia umumnya disebabkan oleh bakteri yang disebut Steptococcus pneumonia. Tapi virus tertentu seperti virus flu juga dapat menyebabkan pneumonia, sebagai patogen yang menyebabkan pneumonia oportunistik. Jadi, mereka dapat dengan mudah menyebabkan infeksi jika sistem kekebalan tubuh lemah atau dikompromikan karena infeksi sebelumnya. Pneumonia adalah suatu kondisi yang mengancam jiwa maka diagnosis dini adalah kunci untuk pengobatan paru paru basah dan perawatan yang efektif. Tapi kebanyakan gejala pneumonia sering keliru untuk gejala pilek atau flu. Berikut adalah beberapa gejala karakteristik pneumonia yang harus kita waspadai.
1. Batuk: Batuk adalah gejala klasik dari pneumonia. Bakteri Pneumonia menghasilkan dahak yang berwarna hijau atau kuning. Kadang-kadang, dahak bercampur darah akibat invasi patogen ke jaringan paru-paru. Lendir berdarah terutama dihasilkan oleh infeksi Legionella pneumonia.

2. Demam: Demam biasanya sangat tinggi pada kasus anak-anak. Demam tinggi dikaitkan dengan menggigil (menggigil). Orang dewasa yang lebih tua mungkin memiliki demam ringan.

3. Sesak napas: Pneumonia adalah penyakit inflamasi atau peradangan. Patogen yang menyebabkan penyakit terutama menyerang kantung udara (alveoli) di paru-paru. Ketika beban meningkat patogen di paru-paru, mereka menutupi dan mulai menyerang saluran udara yang mempengaruhi hidung dan tenggorokan. Hal ini menyebabkan kesulitan bernapas.

4. Nyeri dada: Ketika peradangan semakin memburuk dan batuk berkembang. Pasien paru paru basah akan mulai merasa sakit menusuk atau nyeri dada. Nyeri dada dapat memperburuk, hingga membuat  kesulitan bernapas secara normal.

5. Kebingungan: Sesak napas dapat menghilangkan jumlah yang cukup oksigen dan zat gizi lainnya bagi nutrisi otak. Hal ini menyebabkan keadaan delirium atau kebingungan dan berpikir tidak jelas, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Sebuah tanda-tanda pneumonia selain dari gejala umum di atas termasuk:

6. Berkeringat: Dengan demam tinggi dan menggigil, berkeringat banyak dapat dilihat dalam kasus infeksi akibat bakteri pneumonia.

7. Perubahan warna bibir dan kuku: Sesak napas pada pneumonia dapat menyebabkan kekurangan oksigen dalam sel-sel tubuh. Hal ini dapat dilihat jelas melalui perubahan warna kuku dan bibir. Kuku berubah berwarna putih sehingga sindrom kuku putih (leukonikia) dan bibir bisa berubah pucat atau berwarna biru.

8. Penurunan tingkat energi dan kelelahan: Berkurangnya kadar oksigen juga menyebabkan kelelahan konstan, nyeri otot, sakit kepala, lemah secara keseluruhan dan tingkat energi yang rendah.

9. Gejala Mycoplasma pneumonia: penyebab pneumonia jenis ini adalah jamur atau Mycoplasma. Pada infeksi tersebut, bersama dengan beberapa gejala di atas, sakit telinga, sakit mata, sakit tenggorokan dan ruam kulit juga dapat dilihat.

Jika batuk Anda dikaitkan dengan salah satu gejala di atas, ada kemungkinan besar bahwa Anda menderita paru paru basah atau pneumonia.

No comments: